Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah faktor risiko paling umum yang menyebabkan penyakit jantung. Namun, kondisi ini dapat dicegah dan diatasi, Moms, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga : DASH Diet, Solusi Turunkan Tekanan Darah

Obat-obatan, termasuk penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE), biasanya digunakan untuk menurunkan tingkat tekanan darah. Namun, perubahan gaya hidup, termasuk mengubah pola makan menjadi sehat, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah ke kisaran normal, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Berikut adalah makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi:

Buah citrus

Buah jeruk, termasuk grapefruit, jeruk, dan lemon, dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan vitamin dan mineralnya dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan konsumsi jus lemon tiap hari yang dibarengi dengan rutinitas berjalan kaki dapat mengurangi SBP atau tekanan darah sistolik, efek yang terkait dengan asam sitrat dan kandungan flavonoid dalam lemon.

Baca Juga : Mitos dan Fakta Seputar Infused Water

Salmon dan ikan berlemak lainnya

Ikan berlemak merupakan sumber lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Lemak ini dapat menurunkan tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan kadar senyawa penyempit pembuluh darah yang disebut oxylipin.

Baca Juga : Jenis Ikan untuk MPASI

Bayam

Bayam kaya akan nitrat, juga antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium, sehingga menjadi pilihan menu yang tepat jika Moms memiliki tekanan darah tinggi. Sayur bayam juga meringankan arteri yang kaku, sehingga menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Buah bit

Sama halnya dengan bayam, buah bit juga tinggi kandungan nitrat, sehingga membantu menenangkan/mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. 

Rempah-rempah

Rempah seperti ketumbar, kunyit, serai, jintan hitam, ginseng, kayu manis, kapulaga, dan jahe, merupakan beberapa contoh rempah yang terbukti menurunkan tekanan darah berdasarkan penelitian. Kandungan senyawanya dapat menurunkan tekanan darah dengan membantu pembuluh darah rileks.

Greek yoghurt

Greek yogurt merupakan salah satu jenis yogurt produk olahan susu yang padat akan nutrisi, kandungan mineralnya, seperti kalium dan kalsium, membantu mengatur tekanan darah. Sebuah tinjauan dari 28 penelitian menemukan bahwa mengonsumsi 3 porsi produk susu per hari menurunkan risiko tekanan darah tinggi hingga 13 persen.

Baca Juga : Yogurt untuk Bayi, Amankah?

Brokoli 

Brokoli terkenal dengan berbagai manfaatnya terhadap kesehatan, Moms, termasuk kesehatan sistem peredaran darah. Sayuran satu ini mengandung antioksidan flavonoid yang membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah dan kadar oksida nitrat dalam tubuh Moms. Penelitian terhadap 187.453 orang yang mengonsumsi 4 atau lebih porsi brokoli dalam seminggu memiliki risiko lebih rendah mengalami tekanan darah tinggi.

Diiringi dengan kebiasaan sehat lainnya, menerapkan pola makan sehat secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, Moms.